Selasa, 21 November 2017

Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras

Timbulnya persoalan pada sistem pengereman sepeda motor pasti bakal jadi persoalan yang mengkhawatirkan, sebab sangat selesaiiko terlibat kecelakaan di jalan raya sebab faktor ini. Terutama pada tipe rem cakram, tak sedikit sekali persoalan yang hinggap mulai dari rem yang ngeblong atau tak pakem, muncul bunyi berisik saat di rem hingga rem cakram yang keras kerap kali menimpa para pemakai sepeda motor.

 Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras

Lalu apa sih penyebab rem cakram motor terasa keras semacam macet saat tuas rem ditekan ?
Penyebab kenapa rem cakram terasa keras saat tuas rem ditekan ini didampakkan oleh 2 hal, yang pertama merupakan pen caliper yang berkarat jadi kaliper rem tak dapat maju mundur, kemudian penyebab rem cakram motor keras selanjutnya dikarenakan komponen piston yang bertugas untuk mendorong kampas rem dan menjepit piringan cakram ini macet.

Macetnya pen kaliper ini biasa dikarenakan sebab kebengkokan ataupun berkarat, sedangkan untuk piston rem cakram sendiri didampakkan adanya air yang masuk kedalam lapisan karet seal pelindung ( dust boot ) piston yang telah rusak / bercelah, jadi air yang menerobos masuk ini dikemudian hari memunculkan karat.

Untuk menanggulangi faktor ini yang butuh anda perbuat merupakan meperbuat pembongkaran dibagian piston rem, kemudian mengecek kelurusan pen kaliper dan membersihkannya, menggosok karat yang ada di tahap piston rem maupun di rumah piston dengan memakai amplas halus atau amplas OH hingga karat tadi menghilang dan mengganti karet seal kaliper yang telah rusak tadi dengan karet seal yang baru.

Seusai pergantian komponen berakhir, langkah terbaru merupakan meperbuat bleding minyak rem supaya tak masuk angin. Untuk meperbuat bleding ini sebaiknya diperbuat oleh 2 orang supaya hasilnya maksimal. Caranya merupakan salah orang pertama memainkan tuas rem sembari meningkatkan dan menjaga supaya master atas tak kehabisan minyak rem. Selanjutnya orang kedua membuka baut nipel yang berada di kaliper rem, faktor ini bertujun supaya minyak rem dari master atas terdorong dan keluar melewati baut nipel hingga tak ada lagi gelembung. Bila telah tak ada gelembung, baut nipel dapat dikeraskan kembali.

Berbagai faktor yang butuh diperhatikan
  •     Pastikan tak ada minyak rem yang tentang cat motor, sebab minyak rem ini sifatnya keras dan sangat korosif kepada cat. Apabila cat motor hingga terkena minyak rem, sesegera mungkin bilas dengan air biasa supaya minyak rem tadi terangkat ( minyak rem dapat menyatu dengan air ).
  •     Apabila kamu bimbang dan tak dapat meperbuatnya sendiri dirumah, sebaiknya serahkan ke bengkel langganan kamu untuk penanganan yang lebih baik